TANJUNG, RAPI ARIZKI NAULI (2024) OPTIMALISASI PELAKSANAAN DINAS JAGA PELABUHAN SAAT PROSES LOADING AND DISCHARGING DI MV.LUMOSO HAWARI. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.
![[thumbnail of Rapi Arizki Nauli Tanjung, OPTIMALISASI PELAKSANAAN DINAS JAGA PELABUHAN SAAT PROSES LOADING AND DISCHARGING DI MV.LUMOSO HAWARI, AHLI NAUTIKA TINGKAT III, 2024 - Raviarisky Nauli tanjung-1-25.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rapi Arizki Nauli Tanjung, OPTIMALISASI PELAKSANAAN DINAS JAGA PELABUHAN SAAT PROSES LOADING AND DISCHARGING DI MV.LUMOSO HAWARI, AHLI NAUTIKA TINGKAT III, 2024 - Raviarisky Nauli tanjung-1-25.pdf
Download (980kB)
![[thumbnail of Rapi Arizki Nauli Tanjung, OPTIMALISASI PELAKSANAAN DINAS JAGA PELABUHAN SAAT PROSES LOADING AND DISCHARGING DI MV.LUMOSO HAWARI, AHLI NAUTIKA TINGKAT III, 2024 - Raviarisky Nauli tanjung-26-62.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rapi Arizki Nauli Tanjung, OPTIMALISASI PELAKSANAAN DINAS JAGA PELABUHAN SAAT PROSES LOADING AND DISCHARGING DI MV.LUMOSO HAWARI, AHLI NAUTIKA TINGKAT III, 2024 - Raviarisky Nauli tanjung-26-62.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
RAPI ARIZKI NAULI TANJUNG,2024 , “Optimalisasi Pelaksanaan Dinas Jaga Pelabuhan Saat Proses Loading And Discharging Di MV.Lumoso Hawari”. Dibimbing oleh Bapak Wibisana Pranata S.S.T.PEL.,MPd dan Ibu Nelfi Erlinda M.Pd.
Kapal kargo curah atau bulker adalah kapal yang mengangkut bermacam muatan dagang yang dirancang untuk mengangkut kargo curah unpackaged, seperti batu bara dan semen. Untuk menjaga keamanan barang saat melaksanakan proses bongkar muat di pelabuhan, maka harus melakukan optimalisasi proses dinas jaga. Sesuai dengan ISPS (International Safety Management Code) C aturan tugas jaga pelabuhan harus diterapkan oleh perwira jaga dan dibantu oleh anak buah kapal yang jaga pada jam itu. Hasil analisa Maritime Safety Comitee menunjukkan bahwa faktor terbesar yang menyebabkan kerusakan muatan dan over stowage adalah kesalahan manusia Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, penulis menggukan 3 (tiga) instrumen penelitin, yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan penulis dengan responden, yaitu Nahkoda, Mualim I dan Mualim III teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan langkah-langkah dalam analisis data dijabarkan sebagai berikut, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.pelaksanaan optimalisasi dinas jaga sangat perlu dilakukan agar anak buah kapal tetap sigap terutama saat proses bongkar muat di pelabuhan. Hal ini dilakukan guna menjaga keselamatan muatan,kapal dan anak buah kapal. Maka harus dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang tersediakesalahan yang sering dilakukan anakbuah kapal sehingga mengakibatkan kesalahan pada penataan muatan di kapal container
Kata kunci: Pelaksanaan Dalam Menjalankan Dinas Jaga, Kapal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) |
Divisions: | Program Studi Nautika |
Depositing User: | Ms Feni Rusdiani |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:48 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:48 |
URI: | http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/141 |