FEBRIAWAN, ALFIAN RIZKY (2024) OPTIMALISASI KINERJA TURBOCHARGER TERHADAP PERFORMA MAIN ENGINE DI KAPAL MT. SEMBRANI. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.
![[thumbnail of KIT ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN A5 - ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN-1-31.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KIT ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN A5 - ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN-1-31.pdf
Download (582kB)
![[thumbnail of KIT ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN A5 - ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN-32-66.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KIT ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN A5 - ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN-32-66.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
ALFIAN RIZKY FEBRIAWAN, Optimalisasi Kinerja Turbocharger Terhadap Performa Main Engine Di Kapal MT Sembrani. Dibimbing Oleh Dr. H. Irwan, S.H., M.Mar.E. dan Markus Asta Patma Nugraha, S.Si.T., M.T.
Mesin diesel adalah jenis mesin pembakaran dalam dimana proses pembakaran bahan bakar terjadi di ruang silinder mesin. Untuk memperoleh hasil pembakaran yang sempurna diperlukan adanya sistem penyuplaian udara, adanya sistem supply udara sangatlah penting untuk menyediakan ketersediaan udara yang cukuo ke dalam ruang silinder. Salah satu komponen tersebut adalah turbocharger. Turbocharger adalah sebuah komponen yang berupa kompresor yang digunakan dalam mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga mesin dengan meningkatkan massa oksigen yang memasuki mesin. Terdapat 2 komponen utama pada turbocharger yaitu turbin side dan blower side.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu faktor apa yang menyebabkan kurang optimalnya kinerja turbocharger, dampak yang terjadi saat kinerja turbocharger kurang optimal, dan upaya yang dilakukan agar turbocharger bekerja secara optimal.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, didapat kesimpulan dan saran yaitu kotornya sudu-sudu turbin dan filter kassa yang kotor pada sisi blower maka perlu dilakukan perawatan dan pemeliharaan sesuai dengan jam kerja yang sudah ada di PMS. Dampaknya mengakibatkan pada tekanan udara yang terlalu rendah/sedikit yang menyebabkan tenaga yang dihasilkan menjadi kurang sempurna dan dapat menyebabkan kerusakan komponen didalam turbocharger, sebaiknya perusahaan harus tanggap terhadap suku cadang dan alat-alat penunjang kegiatan yang menyangkut operasional kapal. Upaya mengganti filter kassa yang sudah kotor pada sisi blower sesuai PMS dan melakukan shut blow menggunakan dry cleaner turbocharger untuk menjaga kinerja turbocharger tetap optimal dan melakukan evaluasi terhadap setiap pekerjaan yang sudah dikerjakan.
Kata Kunci : mesin induk (main engine), turbocharger kapal, mesin diesel
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) |
Depositing User: | Ms Feni Rusdiani |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:17 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:17 |
URI: | http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/148 |