PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEAGENAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA KEAGENAN DI PT ADHIGANA PRATAMA MULYA BATAM

Putri, Dina Adila (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEAGENAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA KEAGENAN DI PT ADHIGANA PRATAMA MULYA BATAM. Diploma thesis, Politekni Pelayaran Sumatera Barat.

[thumbnail of Part 1] Text (Part 1)
AWAL - BAB II SKRIPSI DINA ADILA PUTRI (130405202010).pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Part 2] Text (Part 2)
BAB III - BAB V SKRIPSI DINA ADILA PUTRI (130405202010).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Persaingan yang tinggi antara perusahaan keagenan kapal menjadi faktor penting yang memotivasi setiap perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan jasa yang mereka tawarkan. Kualitas layanan, kepuasan pengguna jasa keagenan, sumber daya manusia di perusahaan, implementasi peraturan terhadap karyawan, dan jumlah kapal di PT Adighana Pratama Mulya masih menjadi perhatian yang perlu ditingkatkan untuk bersaing dengan perusahaan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan keagenan terhadap kepuasan pengguna jasa keagenan di PT Adhigana Pratama Mulya Batam dan upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan keagenan pada perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Dapat diketahui nilai koefisien regresi variabel kualitas pelayanan keagenan (X) sebesar 0,386 bertanda positif. Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan keagenan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa keagenan di PT Adhigana Pratama Mulya Batam. Kualitas pelayanan keagenan memiliki kekuatan dalam memengaruhi jumlah kapal sebesar 83,7%, sedangkan sisanya sebesar 16,3% merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian. Berdasarkan hasil Uji t, Hipotesis terjawab bahwa Ha diterima dan diperoleh nilai t-hitung sebesar (12,21) > t-tabel (1,699) dengan menggunakan (α) 0,05. Dapat disimpulkan adanya pengaruh kualitas pelayanan keagenan terhadap kepuasan pengguna jasa keagenan di PT Adhigana Pratama Mulya Batam. Upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan keagenan perusahaan dengan cara mengadakan pelatihan bagi karyawan secara rutin dengan mendatangkan para ahli dan trainer, Selektif dalam rekrutmen karyawan, mengadakan rapat koordinasi per semester atau per enam bulan antara agen umum, agen lokal, dan pengguna jasa untuk meningkatkan koordinasi, memperhatikan penampilan karyawan, dan mengelola kelengkapan sarana dan prasarana perusahaan.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna Jasa, Keagenan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Skripsi dan Tugas Akhir > DIV Transportasi Laut
Depositing User: taruna poltekpel sumbar
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:31
Last Modified: 04 Mar 2025 01:31
URI: http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/208

Actions (login required)

View Item
View Item