PENINGKATAN KINERJA TAMBAT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. PELINDO REGIONAL II TANJUNG PRIOK

PUTRA, M. IQBAL PRADANA (2025) PENINGKATAN KINERJA TAMBAT TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. PELINDO REGIONAL II TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.

[thumbnail of Part 1] Text (Part 1)
AWAL - BAB II M. IQBAL PRADANA PUTRA.pdf - Submitted Version

Download (437kB)
[thumbnail of Part 2] Text (Part 2)
BAB III - BAB V M. IQBAL PRADANA PUTRA.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan tambat di PT. Pelindo Regional II Tanjung Priok beberapa kali mengalami hambatan dikarenakan oleh beberapa faktor teknis dan non teknis. Hal tersebut dapat mengakibatkan penundaan kegiatan dan kemunduran waktu bagi kegiatan lain yang dapat merugikan pengguna jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan tambat di PT. Pelindo Regional II Tanjung Priok dan peningkatan kinerja tambat terhadap kepuasan pelanggan di PT. Pelindo Regional II Tanjung Priok. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penulis menggunakan dua jenis data berdasarkan cara perolehannya, yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis terdiri dari empat komponen proses analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di PT. Pelindo Regional II Tanjung Priok, yaitu: (1) Kegiatan tambat yang dilakukan oleh PT. Pelindo Regional II Tanjung Priok sudah baik akan tetapi pada saat penulis melakukan penelitian, penulis masih menemukan beberapa hambatan yang terjadi. Faktor tersebut antara lain, yaitu adanya antrian sandar kapal, kendala teknis dari kapal apabila terjadi kerusakan pada tali tambat di kapal dan faktor cuaca buruk. Hal tersebut dapat menyebabkan peningkatan biaya operasional bagi pelanggan (2) Peningkatan kinerja tambat yang dilakukan PT Pelindo Regional II Tanjung Priok tidak terlepas dari hasil survey kepuasan pelanggan dengan diringi oleh peningkatan kerja tambat yang dilakukan dengan cara memperbaiki atau memberikan solusi untuk setiap hambatan yang terjadi pada saat proses pelaksanaan tambat kapal.

Kata Kunci: Kinerja tambat, kepuasan pelanggan, PT. Pelindo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Skripsi dan Tugas Akhir > DIV Transportasi Laut
Divisions: Program Studi Transportasi Laut
Depositing User: taruna poltekpel sumbar
Date Deposited: 04 Mar 2025 01:32
Last Modified: 04 Mar 2025 01:32
URI: http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item
View Item