PENGARUH BUDAYA KERJA DAN INOVASI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA DALAM PELAYANAN WAJIB PANDU DI PELABUHAN SIBOLGA

Waruwu, Winda Mastiah (2025) PENGARUH BUDAYA KERJA DAN INOVASI PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA DALAM PELAYANAN WAJIB PANDU DI PELABUHAN SIBOLGA. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.

[thumbnail of Winda Mastiah Waruwu_Pengaruh Budaya Kerja dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa dalam Pelayanan Wajib Pandu di Pelabuhan Sibolga_Transportasi Laut_2025 - Winda Mastiah-1-47.pdf] Text
Winda Mastiah Waruwu_Pengaruh Budaya Kerja dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa dalam Pelayanan Wajib Pandu di Pelabuhan Sibolga_Transportasi Laut_2025 - Winda Mastiah-1-47.pdf

Download (710kB)
[thumbnail of Winda Mastiah Waruwu_Pengaruh Budaya Kerja dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa dalam Pelayanan Wajib Pandu di Pelabuhan Sibolga_Transportasi Laut_2025 - Winda Mastiah-47-133.pdf] Text
Winda Mastiah Waruwu_Pengaruh Budaya Kerja dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa dalam Pelayanan Wajib Pandu di Pelabuhan Sibolga_Transportasi Laut_2025 - Winda Mastiah-47-133.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pengaruh Budaya Kerja dan Inovasi Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Dalam Pelayanan Wajib Pandu di Pelabuhan Sibolga”. Skripsi. Progam Studi Transportasi Laut, Program Diploma IV, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Pembimbing I: Langandriansyah Dwi Yanto. S.E, M.M. Pembimbing II: Riki Wanda Putra. M.Pd.

Salah satu pelayanan yang penting untuk kapal di Pelabuhan Sibolga yang mendukung keselamatan dan kelancaran operasional kapal adalah pelayanan wajib pandu. Budaya kerja yang diterapkan dan inovasi layanan dalam pelayanan wajib pandu di Pelabuhan Sibolga menjadi perhatian yang perlu ditingkatkan dalam memenuhi kepuasan penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya kerja dan inovasi pelayanan terhadap kepuasan pengguna jasa dalam pelayanan wajib pandu di Pelabuhan Sibolga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden yang merupakan pengguna jasa di pelabuhan tersebut. Analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa, dengan nilai t hitung sebesar 2,538 dan signifikansi 0,017. Selain itu, inovasi pelayanan juga terbukti berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung 2,656 dan signifikansi 0,013. Secara simultan, kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna jasa, dengan nilai F hitung 16,671 dan signifikansi 0,001. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa 55,3% variabel kepuasan pengguna jasa dapat dijelaskan oleh budaya kerja dan inovasi pelayanan, sedangkan sisanya 44,7% pengaruh dari variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Budaya Kerja, Inovasi Pelayanan, Kepuasan Pengguna Jasa, Pelayanan Wajib Pandu, Pelabuhan Sibolga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Program Studi Teknika
Depositing User: Ms Feni Rusdiani
Date Deposited: 27 Aug 2025 05:06
Last Modified: 27 Aug 2025 05:06
URI: http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/261

Actions (login required)

View Item
View Item