PENERAPAN K3 GUNA MENGHINDARI KECELAKAAN KERJA PADA PROSES PENYANDARAN KAPAL DI PT. SNEPAC SHIPPING CABANG DUMAI

YANDI, ANDRE FEBRI (2023) PENERAPAN K3 GUNA MENGHINDARI KECELAKAAN KERJA PADA PROSES PENYANDARAN KAPAL DI PT. SNEPAC SHIPPING CABANG DUMAI. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.

[thumbnail of 130403191022_ANDRE FEBRI YANDI_Bab i-ii.pdf] Text
130403191022_ANDRE FEBRI YANDI_Bab i-ii.pdf - Published Version

Download (457kB)
[thumbnail of 130403191022_ANDRE FEBRI YANDI_Bab iii-v.pdf] Text
130403191022_ANDRE FEBRI YANDI_Bab iii-v.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan suasana bekerja yang aman, nyaman, dan mencapai tujuan yaitu prokduktivitas setinggi-tingginya kesehatan dan keselamatan kerja sangat penting untuk dipraktikkan di semua ranah ketenagakerjaan karena K3 dapat diterapkan untuk mengurangi dan menghindari kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif yang mana metode penelitian ini bertitik berat pada penelitinya sendiri yang melakukan pengamatan secara mendalam dan memberikan penjelasan dengan analisis. Metode ini bersifat subjektif, karena proses penelitian cenderung terfokus pada landasan teori proses penyandaran kapal di PT. Snepac Shipping cabang Dumai ternilai kurang baik dan butuh peningkatan di level yang berbeda. Banyak kecelakaan kerja yang terjadi di PT. Snepac Shipping cabang Dumai akibat lingkungan kerja dengan risiko tinggi akan kecelakaan kerja dalam proses penyandaran kapal. Dengan seluruh temuan yang ada dalam penelitian ini, peneliti menyimpulkan pelakasanaan K3 di PT. Snepac Shipping cabang Dumai kurang baik dan perlu ditingkatkan di level managerial maupun operasional. Peneliti tidak hanya menemukan kondisikondisi rawan terjadinya kecelakaan kerja di lapangan, tapi juga beberapa kejadian kecelakaan kerja yang nyata dalam pelaksanaan penyandaran kapal seperti pekerja terpeleset di permukaan pelabuhan yang licin hingga beberapa pekerja terjatuh dari jetty ataupun tersandung akibat pencahayaan yang sangat minim di pelabuhan saat proses penyandaran kapal dimalam hari. Perusahaan tidak menerapkan aturanaturan yang ketat atas pekerja dalam penggunaan alat-alat keselamatan diri serta budaya keselamatan lainnya yang baik saat pelaksanaan penyandaran kapal.

Kata Kunci : K3, Penyandaran, Kecelakaan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Skripsi dan Tugas Akhir > DIV Transportasi Laut
Divisions: Program Studi Transportasi Laut
Depositing User: Ms Hijratun Tanjung
Date Deposited: 07 Aug 2023 08:52
Last Modified: 06 Sep 2023 04:23
URI: http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/40

Actions (login required)

View Item
View Item