RIYADHI, ZAINUR (2023) ANALISIS PENGHAMBAT PELAYANAN KEAGENAN KAPAL PADA PT. KARANA LINE DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.
![[thumbnail of 130403191020_ZAINUR RIYADHI_Bab i-ii.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
130403191020_ZAINUR RIYADHI_Bab i-ii.pdf - Presentation
Download (921kB)
![[thumbnail of 130403191020_ZAINUR RIYADHI_Bab iii-v.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
130403191020_ZAINUR RIYADHI_Bab iii-v.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Keagenan kapal PT. Karana Line terus berusaha memberikan pelayanan yang baik kepada kapal-kapal yang diageninya, baik dalam proses kedatangan maupun keberangkatan kapal. Dalam pelaksanaannya PT. Karana line masih mengalami masalah yang menjadi penghambat dalam memberikan pelayanana keagenan kapal terutama di pelabuhan Tanjung Priok. Adapun masalah yang dialami oleh keagenan kapal PT. Karana Line disebabkan adanya kesalahan dalam proses pengisian manifest yang kurang teliti dalam menyalin B/L pada laman modul maifest beacukai.
Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menjelaskan pembahasan berkaitan Penghambat Pelayanan Keagenan Kapal Pada PT. Karana Line Di Pelabuhan Tanjung Priok. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah proses pelayanan keagenan kapal yang dilakukan oleh pegawai PT. Karana Line dalam proses pelayanannya masih mengalami permasalahan dan menghambat proses pelayanan, terdapat pada pengurusan dokumen kapal yaitu sering terjadinya kesalahan yaitu kurang teliti dalam menyalin B/L pada laman manifest beacukai, adapun faktor-faktor penghambatnya yaitu dokumen kapal dari master yang pengirimannya sering terlambat, terlambatnnya informasi mengenai kedatangan kapal, sub agen yang kurang update/lambat dalam mengirim laporan, kesalahan dalam pengisian modul manifest. Upaya yang dilakukan oleh perusahaan dibuatnya bagian khusus dalam pengisian modul manifest, dengan harapan tidak ada lagi kesalahan dan pengisiannya dan diberikan pelatihan serta sosialiasi kepada para pegawainya.
Kata Kunci : Analisis, faktor penghambat, pelayanan, keagenan kapal
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering Skripsi dan Tugas Akhir > DIV Transportasi Laut |
Divisions: | Program Studi Transportasi Laut |
Depositing User: | Ms Hijratun Tanjung |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:05 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 01:52 |
URI: | http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/47 |