UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA TIKET PADA PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI) CABANG TANJUNG PRIOK

UMRA, SYAHDHATHUL BALQISH (2023) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA TIKET PADA PT. PELAYARAN NASIONAL INDONESIA (PELNI) CABANG TANJUNG PRIOK. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.

[thumbnail of 130403192017_SYAHDHATHUL BALQISH UMRA_babi-ii.pdf] Text
130403192017_SYAHDHATHUL BALQISH UMRA_babi-ii.pdf - Submitted Version

Download (662kB)
[thumbnail of 130403192017_SYAHDHATHUL BALQISH UMRA_bab iii-selesai.pdf] Text
130403192017_SYAHDHATHUL BALQISH UMRA_bab iii-selesai.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kendala dan bagaimana upaya dari PT. Pelni Cabang Tanjung Priok untuk memberikan kualitas pelayanan jasa terbaik pada calon penumpang kapal. Khususnya pada sumber daya manusia dalam pelayanan penjualan tiket kapal laut di PT. Pelni Cabang Tanjung Priok.

Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam serta analisis dokumentasi di PT. Pelni Cabang Tanjung Priok. Analisis yang digunakan yaitu analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur proses yang terjadi secara bersamaan, antara lain reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil yang diperoleh dari penelitian di PT. Pelni Cabang Tanjung Priok yaitu: (1) Gambaran pelayanan jasa tiket pada PT. Pelni Cabang Tanjung Priok dalam melayani calon penumpang di Pelabuhan. (2) Kendala yang dialami oleh PT. Pelni Cabang Tanjung Priok yaitu kurangnya sosialisasi dan informasi dalam proses pembelian tiket online, ruang tunggu yang tidak mencukupi jumlah kapasitas penumpang yang sangat banyak dan juga terbatasnya julah vendine marchine sehingga mebuat antrian yang panjang saat mencetak tiket. Terutama pada saat musim liburan, sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi calon penumpang. (3) Upaya yang dilakukan PT. Pelni Cabang Tanjung Priok dengan menambahkan papan informasi/spanduk tentang prosedur pembelian tiket online dan jadwal keberangkatan kapal dan membedakan tempat pembelian tiket dengan tempat pencetak tiket.

Kata Kunci: Pelayanan, Calon Penumpang, Tiket Kapal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Skripsi dan Tugas Akhir > DIV Transportasi Laut
Divisions: Program Studi Transportasi Laut
Depositing User: Ms Hijratun Tanjung
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:05
Last Modified: 31 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item
View Item