HAKIM, RAGA KURNIA (2023) KARYA ILMIAH TERAPAN OPTIMALISASI KINERJA INJECTOR MESIN INDUK DI KAPAL SPOB SEROJA XIII. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.
![[thumbnail of 123303191072_RAGA KURNIA HAKIM_TEKNIKA_OPTIMALISASI KINERJA INJEKTOR MESIN INDUK DIKAPAL SPOB SEROJA XIII_2023 - Raga kurnia Hakim-BAB I - II.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
123303191072_RAGA KURNIA HAKIM_TEKNIKA_OPTIMALISASI KINERJA INJEKTOR MESIN INDUK DIKAPAL SPOB SEROJA XIII_2023 - Raga kurnia Hakim-BAB I - II.pdf - Published Version
Download (1MB)
![[thumbnail of 123303191072_RAGA KURNIA HAKIM_TEKNIKA_OPTIMALISASI KINERJA INJEKTOR MESIN INDUK DIKAPAL SPOB SEROJA XIII_2023 - Raga kurnia Hakim-BAB III-V.pdf]](http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
123303191072_RAGA KURNIA HAKIM_TEKNIKA_OPTIMALISASI KINERJA INJEKTOR MESIN INDUK DIKAPAL SPOB SEROJA XIII_2023 - Raga kurnia Hakim-BAB III-V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Abstract
Injector adalah suatu alat untuk menyemprotkan bahan bakar minyak menjadi kabut halus atau gas yang akan mempermudah gas tersebut terbakar di dalam silinder mesin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Faktor penyebab kurang optimalnya perawatan pada injector 2) Dampak yang terjadi jika perawatan pada injector kurang optimal 3) Upaya yang dilakukan agar injector dapat bekerja secara optimal. Landasan teori yang digunakan dalam penulisan skripsi ini bersumber pada buku yang disusun oleh Jusak Johan Handoyo yang diberi judul Mesin Diesel Penggerak Utama Kapal pada tahun 2015.
Metode Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi, observasi dengan mengamati pada saat perawatan di kapal SPOB SEROJA XIII. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data Fishbone dan Software, Hardware. Hasil penelitian ini adalah kurangnya perawatan injector diakibatkan oleh kurangnya penerapan PMS, kualitas bahan bakar yang kurang baik dan nozzle, spring yang sudah rusak. Dampak dari kurang optimalnya perawatan injector adalah injector Diesel Generator kurang terawat, pengabutan menjadi tidak sempurna dan tekanan maksimal pada silinder nomor 4 mengalami penurunan. Upaya yang dilakukan adalah melakukan perawatan sesuai dengan PMS , menambahkan FOT dan melakukan penggantian pada nozzle, spring yang sudah rusak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kurang optimalnya perawatan injector disebabkan oleh kurangnya penerapan PMS yang berdampak pada injector bekerja kurang optimal. Saran agar injector bekerja secara optimal adalah menerapkan PMS sesuai dengan ketentuan dan melakukan perawatan secara lebih intensif pada injector.
Kata Kunci : Optimalisasi, Kinerja, Injector, Mesin, Induk
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) Skripsi dan Tugas Akhir > DIII Teknika |
Divisions: | Program Studi Teknika |
Depositing User: | Ms Feni Rusdiani |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:39 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:41 |
URI: | http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/82 |