ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR AIR TAWAR PENDINGIN MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE SEROJA VII

PRANATA, JERO (2024) ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR AIR TAWAR PENDINGIN MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE SEROJA VII. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.

[thumbnail of JERO PRANATA_ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR AIR TAWAR PENDINGIN MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE SEROJA VII_2024 - jero pranata-1-34.pdf] Text
JERO PRANATA_ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR AIR TAWAR PENDINGIN MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE SEROJA VII_2024 - jero pranata-1-34.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of JERO PRANATA_ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR AIR TAWAR PENDINGIN MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE SEROJA VII_2024 - jero pranata-35-91.pdf] Text
JERO PRANATA_ANALISIS NAIKNYA TEMPERATUR AIR TAWAR PENDINGIN MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SELF PROPELLED OIL BARGE SEROJA VII_2024 - jero pranata-35-91.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

JERO PRANATA, NIT.123305201015, Analisis Naiknya Temperatur Air Tawar Pendingin Mesin Diesel Penggerak Utama Pada Kapal Self Propelled Oil Barge SEROJA VII. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Dibimbing oleh Dr. Sarifuddin, M.Pd., M.Mar, E dan Naf’an Arifian, S.Psi., M.Sc.

Temperatur air tawar yang meningkat merupakan masalah pada mesin diesel penggerak utama yang harus ditangani dengan tepat agar kinerja mesin diesel saat beroperasi dengan maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor dan dampak penyebab naiknya temperatur air tawar pendingin mesin diesel kapal serta upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi naiknya temperatur air tawar pendingin mesin diesel kapal. Penelitian ini dilaksanakan di Kapal SPOB SEROJA VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh secara langsung melalui pengamatan dan dokumentasi serta wawancara.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor naiknya temperatur air tawar pendingin mesin induk di kapal adalah kotornya Filter Sea Cheast pada mesin diesel, tersumbatnya Fresh Water Cooler mesin diesel, patahnya Shaft Sea Water Pump Mesin diesel. Sehingga berdampak pada tersumbatnya sirkulasi air laut yang masuk ke dalam fresh water cooler, penurunan performa mesin diesel dan kinerja mesin diesel menjadi tidak stabil, pengoperasian kapal mengalami gangguan dan hambatan, serta perusahaan mengalami kerugian saat kapal beroperasi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi naiknya temperatur air tawar pendingin mesin diesel di kapal ini adalah melakukan pengecekan rutin pada mesin diesel penggerak utama dan bagian – bagian penting yang berkaitan dengan sistem pendingin mesin diesel.

Kata kunci : Mesin diesel, Sistem pendingin, Filter Sea Cheast, Fresh Water Cooler, Shaft Impeller Water Pump.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Program Studi Teknika
Depositing User: Ms Feni Rusdiani
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:54
Last Modified: 14 Aug 2024 04:54
URI: http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item