ANALISIS TERJADINYA KERETAKAN SILINDER LINER MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SPOB TIRTA SAMUDRA XX

PRATAMA, ARIEF YUDHA (2024) ANALISIS TERJADINYA KERETAKAN SILINDER LINER MESIN DIESEL PENGGERAK UTAMA PADA KAPAL SPOB TIRTA SAMUDRA XX. Diploma thesis, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat.

[thumbnail of Arief Yudha Pratama_Analisis Terjadinya Keretakan Silinder Liner Mesin Diesel Penggerak Utama Pada Kapal SPOB Tirta Samudra XX_TEKNIKA_2024 - Arief Yudha-1-49.pdf] Text
Arief Yudha Pratama_Analisis Terjadinya Keretakan Silinder Liner Mesin Diesel Penggerak Utama Pada Kapal SPOB Tirta Samudra XX_TEKNIKA_2024 - Arief Yudha-1-49.pdf

Download (996kB)
[thumbnail of Arief Yudha Pratama_Analisis Terjadinya Keretakan Silinder Liner Mesin Diesel Penggerak Utama Pada Kapal SPOB Tirta Samudra XX_TEKNIKA_2024 - Arief Yudha-50-107.pdf] Text
Arief Yudha Pratama_Analisis Terjadinya Keretakan Silinder Liner Mesin Diesel Penggerak Utama Pada Kapal SPOB Tirta Samudra XX_TEKNIKA_2024 - Arief Yudha-50-107.pdf

Download (3MB)

Abstract

ARIEF YUDHA PRATAMA, 2024, NIT 123305201028, “Analisis Terjadinya Keretakan Silinder Liner Mesin Diesel Penggerak Utama Utama Pada Kapal SPOB Tirta Samudra XX“. Diploma III Teknologi Nautika Politeknik Pelayaran Sumatera Barat. Pembimbing I Abdi Seno, M.Si., M.Mar.E dan Pembimbing II Dody Efrianto S.Si., M.Sc.

Silinder liner merupakan komponen mesin yang terpasang pada main engine, fungsinya sebagai tempat terjadinya pembakaran bahan bakar dimana energi termal diubah menjadi energi kinetik. Mesin diesel merupakan salah satu mesin penggerak utama pada kapal. Mesin diesel merupakan mesin yang sistem pembakarannya memanfaatkan prinsip kenaikan suhu pada campuran gas dan bahan bakar saat kompresi. Keretakan silinder liner sangat berpengaruh besar pada kinerja mesin disel penggerak utama yang membutuhkan kompresi untuk pembakaranya.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif sebagai jenis penelitian. Data yang diperoleh merupakan data yang dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara dan studi pustaka. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui penyebab, dampak dan upaya terjadinya keretakan silinder liner.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyebab terjadinya keretakan silinder liner adalah naiknya temperatur air tawar dan turunya pressure lubricating oil. Dampak terjadinya keretakan silinder liner adalah overheating dan naiknya temperatur lubricating oil. Kemudian upaya untuk mencegah yaitu dengan membersihkan cooler dan membersihkan filter lubricating oil.

Kata Kunci : analisis, silinder liner, retak, mesin diesel penggerak utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Program Studi Teknika
Depositing User: Ms Feni Rusdiani
Date Deposited: 14 Nov 2024 03:27
Last Modified: 14 Nov 2024 03:27
URI: http://repository.poltekpelsumbar.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item
View Item